SOSIALISASI TEKNOPARK SMK MUHAMMADIYAH LEMAHABANG DENGAN WARGA SEKOLAH

Kemajuan teknologi dan perubahan zaman yang begitu dinamis merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari, hal ini menuntut manusia untuk terus berinovasi dalam menghadapinya. begitupun didunia sekolah khususnya di SMK yang dituntut lulusanya untuk yang siap kerja dan akan bersaing dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sehingga sekolah harus terus meningkatkan pengembangan dan kerjasama dengan pihak industri sebagai pengguna lulusan SMK. selain menyiapkan lulusan yang siap kerja dan siap bersaing, SMK harus juga mempersiapkan lulusanya sebagai wirausaha dan juga sebagai wadah untuk mempromosikan potensi daerah sehingga ekonomi daerah tersebut meningkat. untuk menyiapkan semua hal itu maka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program Technopark.

Technopark atau Sciencepark adalah suatu kawasan terpadu yang menggabungkan dunia industri, perguruan tinggi, pusat riset dan pelatihan, kewirausahaan, perbankan, pemerintah pusat dan daerah dalam satu lokasi yang memungkinkan aliran informasi dan teknologi secara lebih efisien dan cepat.

Program Technopark di SMK dicanangkan sebagai pusat dari beberapa Teaching Factory di SMK (“hub”) yang menghubungkan dunia pendidikan (SMK) dengan dunia industri dan instansi yang relevan untuk bekerja sama dengan Teaching Factory di SMK. Technopark akan menjadi “Think-Thank” SMK dalam pengembangan Teaching Factory yang harus mampu menyesuaikan perkembangan industri yang pesat. Technopark juga akan mempromosikan potensi daerah yang relevan untuk pengembangan ekonomi daerah dan sekaligus mempermudah komunikasi dengan dunia industri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *